Penggiring handal Nankatsu

Siapa anak muda yang tak mengenal si rambut jabrik pemain sepak bola handal kapten bernomor punggung 10 yang berasal dari Jepang ini ?! Pasti semua tahu. Walaupun Ia hanyalah tokoh kartun belaka, namun kenyataannya karakter Tsubatsa dapat menginspirasi banyak para pesepak bola masa kini. Kapten Tsubatsa Ozora adalah kapten tim Nankatsu, salah satu tokoh komik yang awalnya dibuat oleh Yoichi Takahashi pada tahun 1981. Kapten Tsubatsa digambarkan sebagai tokoh yang yang tangguh, cerdik dalam berstrategi dan pantang menyerah dalam menghadapi lawan-lawannya. Tsubatsa bersama timnya sejak kecil sudah sering menjuarai banyak turnamen.

Tsubatsa Ozora mempunyai impian ingin mengikuti piala dunia membawa nama negara kebanggaannya yaitu Jepang. Ia bercita cita ingin pergi ke Brazil bertemu dengan para pemain sepak bola handal lainnya yang berasal dari berbagai macam negara di dunia. Dengan bantuan pamannya, Roberto, akhirnya Tsubatsa berhasil pergi ke brazil. Keikutsertaannya dalam piala dunia di Brazil tidak semulus yang ia bayangkan. Polemik terbesarnya adalah ketika Tsubatsa mengalami cedera bahu yang berkepanjangan hingga ia sempat vakum dari timnya.

Cerita Tsubatsa akhirnya berhasil di angkat menjadi film kartun berkat Animo masyarakat yang tinggi khususnya anak-anak pada masa itu.

Waktu saya sekolah dasar, kartun Tsubatsa salah satu kartun yang paling banyak digemari anak-anak. Dari mulai tayang di stasiun tv 7 hingga tayang kembali di global tv. Dari mulai lagunya yang berbahasa jepang hingga diganti versi indonesianya, selalu saya ikuti. Tokoh tokoh yang bermain dalam film kartun Tsubatsapun ikut terkenal di kalangan masyarakat. Sampai-sampai baju bola banyak dijual dipasaran dengan nama Tsubasa Ozora yang bernomor punggung 10.

Bagi saya, kartun tsubatsa tidak hanya kartun biasa yang hanya bisa mengiringi kita dalam waktu luang. Tapi, dari tokoh Tsubasalah yang sebenarnya bisa menginspirasi kita. Motivasinya yang tinggi, dan kerja keras setiap hari berlatih membawanya sampai ke Brazil untuk mengikuti piala dunia.

“Cahaya keemasan, panggilan masa depan..dan akan bimbing kita semua..”

“Dragon sceamer, dragon fever..”

“No question !”

(potongan lirik lagu Tsubatsa)

~ by Annisa Shabrina on August 6, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: